Daisypath Anniversary Years Ticker
Daisypath Anniversary Years Ticker

Kamis, 19 Februari 2009

Akhirnya..MY BIG FAT DAY

Finally..bagaikan menanti bisul yang pecah, pernikahan terlaksana juga, Alhamdulillah…sempet ketir2 coz takut hujan menggagalkan semuanya..maklum di Semarang hujan lagi hebat2nya kemarin2 itu.
Hari Jumat malem aku dah gag bias tidur nunggu acara akad besok paginya. Sodara2 ku pada kumpul di rumah, rame banget. Pada ngobrol en karokean sampe pagi kalo. Tapi berhubung aku calon pengantin jadi disuruh istirahat aja hehehe. Aku tidur di kamar pengantin yang sengaja dihias sama tanteku, bunganya bagus2 banget.
Besoknya aku bangun jam 5 dan kudu siap soalnya perias mau dateng jam 6-an. Yawdah deh mandi. Sssttt..katanya penganten dilarang mandi ya biar ga hujan, masa sih..tar bau dong..aku si mandi aja hehehe.
Jam 6 perias dateng, langsung deh mukaku diorek-orek…Hari itu buat akad aku pake baju kebaya putih dan kerudung putih juga.
Jam 8 lebih dikit rombongan keluarga mamas dateng dan langsung deh acara peningset, aku masih di kamar. Gak berapa lama kemudian seserahan diberesin dan dimasukin dalamkamar dan aku dipersilakan duduk jejer mamas buat ijab Kabul. Duh deg2an banget, masku juga grogi abis keliatannya. Tapi dia keliatan cakep banget pake setelan basofi putih-putih gitu heheheh….
Trus setelah acara pembacaan ayat suci AlQuran,dimulailah ijab Kabul. Kebetulan yang nikahin ayahku langsung, masku mengucapp ijab dengan secepat kilat tapi bener dan gak diulang, bangga deh hehehe…Aku sempet khawatir tadinya karena masku menolak ngeliat contekan yang emang udah disediain di depannya. Dia malah ngantongin contekan itu, alhamdulillah semuanya berjalan lancar.




Setelah acara ijab Kabul, ada acara temon (temon=bahasa jawa=bertemunya pengantin perempuan sama laki2). Aku kembali ke rumah sementara masku pura2nya keluar dari rumah dan kembali dateng ke rumah aku. Di acara temon ini ada beberapa upacara balangan sirih (saling melempar gulungan sirih), trus ngidak endhog (menginjak telor), trus saling menyuapi sama minum, kacar-kucur, sungkeman,banyak deh…
Waktu acara balangan sirih ibu perias pesen supaya pihak cewe melempar di bagian leher ke bawah, dan cowok melempar di sekitar dada gitu. Melempar sirihnya setelah ada aba2. Begitu musik dinyalakan (lagu wajib versi jawa –gending kodok ngorek), kita memulai acara temon, dan ketika pengantin laki2 dan permpuan berhadapan saatnya melempar sirih. Bude aku yang kebetulan ada di belakang aku nyuruh aku buat cepet ngelempar,langsung deh aku lempar, tapi lemparanku dianggap ga sah karena masku ga siap dan diulangi karena blom ada aba2, hehehe..tapi walo diulangi aku tetep lebih cepet daripada masku, yesss!!! Hihihi…
Trus acara dilanjutkan nginjak telur, di sini masku nginjak telur dan aku ngebersihin kakinya pake air kembang, menandakan seorang istri yang mengabdi pada suami.
Habis kedua mempelai dibimbing sama bapakku dan ibuku buat memasuki pelaminan dengan memakai kain berwarna merah. Di pelaminan bapak memangku kita berdua, dan ibu bertanya “abot sing endi, Pak?”-Berat yang mana pak? Dan bapak menjawab : podo abote. –sama beratnya- maksudnya kasih sayang anak sendiri maupun anak mantu sama kadarnya, tidak dibeda-bedakan.
Selanjutnya suap2an nasi kuning..aku padahal si pengennya pizza heheheh…trus saling meminumkan, kacar-kucur, baru tamu2 mulai dateng, poto2an juga. Lumayan capek di hari akad, masi harus menghimpun tenaga buat resepsi di gedung besoknya. Walhasil..gak ada deh yang namanya malam pertama, ditunda dulu hehehhe..




Tidak ada komentar: